Testimoni Prakerja, Mendapat Pekerjaan Setelah Upgrade Skill



Sebagai seorang angkatan kerja yang produktif, saya masih bersemangat untuk mencari peluang kerja meskipun secara remote. Melihat semakin tingginya persaingan di dunia kerja, membuat saya berinisiatif untuk meningkatkan skill serta kompetensi lain. 

Saat ini generasi muda bisa dibilang sangat menguasi beragam skill dan saya tidak mau kalah dengan mereka. Lalu dimana saya harus meng-upgrade skill secara online, mengingat saat ini saya lebih banyak bekerja dari rumah saja.

Kalian yang profesinya sama dengan saya yaitu seorang freelancer, maka tak perlu khawatir karena kita tetap bisa meningkatkan skill dari rumah kok. Daftar saja di program Prakerja yang sudah dari 4 tahun lalu didirikan oleh pemerintah Indonesia.

Program Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan. Bentuknya adalah berupa beasiswa pelatihan yang bisa dipergunakan oleh para pencari kerja, pekerja yang sedang terkena PHK, mahasiswa, ibu rumah tangga dan bahkan pemilik usaha juga bisa memanfaatkan kartu Prakerja demi peningkatan skill dan menambah wawasan. 

Ada banyak sekali manfaat dari program Prakerja yang bisa kalian dapatkan, diantaranya:
  • Menambah skill baru
  • Meningkatkan kompetensi agar bisa bersaing di dunia kerja
  • Berkesempatan mendapatkan sertifikat setelah lulus dari pelatihan Prakerja
  • Memperluas jaringan dan juga peluang kerja
Dampak positif Prakerja pastinya dapat kita rasakan manakala lulus dalam program pelatihan yang diikuti. Ada banyak wawasan serta ilmu baru apabila kita memilih pelatihan yang memang sesuai bakat dan minat.

Ada banyak pelatihan di Prakerja yang bisa kalian ikuti, misalnya saja:
  • Data dan Teknologi
  • Administrasi dan Perkantoran
  • Sales dan Digital Marketing
  • Bisnis dan Wirausaha
  • dan masih banyak lagi
Saya banyak menemukan cerita alumni Prakerja di media sosial, dimana mereka membagikan pengalaman mudahnya mendapat kerja setelah mengikuti kelas Prakerja.

Kesuksesan alumni Prakerja tentu saja datang karena buah dari kerja keras peserta itu sendiri serta keinginan kuat untuk menambah skill dan didukung dengan banyaknya program pelatihan yang disediakan di ekosistem Prakerja.

Testimoni Prakerja, Bukti Tingginya Minat Peserta

Biasanya kalau kita ingin membeli produk atau jasa, yang pertama kali dilihat adalah testimoni dari pembeli. Begitu juga dengan program Prakerja yang sudah meluluskan banyak peserta pelatihan, dan ada beberapa testimoninya.

Berikut testimoni dari 3 orang lulusan Prakerja:

1. Valencia

Peserta Prakerja gelombang 53 ini berasal dari Medan, Sumatera Utara. Valencia merupakan guru Bahasa Mandarin, sehingga dia mengambil pelatihan BahasanMandarin untuk Percakapan Kerja.

Siapa sangka karena berhasil meraih skor tertinggi ketika mengikuti pelatihan di tahun 2024, membawa Valencia ke Hangzhou China di program Prakerja X Alibaba.

Kebetulan saat ini sedang terjadi program kolaborasi Prakerja dengan Alibaba Cloud Academy sehingga Valencia berkesempatan mewakili Indonesia pada acara Alibaba Conference di Hangzhou, China.

2. Arum Sekar Wangi

Arum merupakan lulusan Prakerja gelombang 41 yang berdomisili di Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Tengah. Kalian bisa melihat bahwa Prakerja membawa manfaat untuk seluruh masyarakat Indonesia dimanapun mereka berada.

Arum mengambil pelatihan Terampil Menggunakan Microsoft Excel untuk Tenaga Perkantoran Umum di Prakerja. Sebagai seorang sarjana lulusan S1 Pertanian, Arum merasa perlu meningkatkan skill dalam menguasai Microsoft Excel.

Kini, Arum telah berhasil mendapatkan pekerjaan sebagai Tenaga Pendamping Koperasi (TPK) di Kabupaten Tojo Una-Una. Arum berperan aktif dalam mendampingi koperasi-koperasi binaan.

3. Asifyon Yeskiel Batuk

Siapa sangka, Asifyon pernah mendaftar di galombang pertama Prakerja namun tidak lolos. Hingga akhirnya Asifyon lulus di gelombang 54 dengan mengikuti pelatihan Memaksimalkan Pengembangan Bisnis bagi Spesialis Pengembangan Binis.

Meskipun berdomisili di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, Asifyon merasa ilmu yang dia dapat sangat bermanfaat dalam mengembangkan bisnis yang sedang dirintisnya.

Kebetulan Asifyon sedang merintis bisnis penjualan tiket, dan sedang bertransformasi dari sistem offline menjadi online. Berkat pelatihan Prakerja yang diikutinya, maka bisnis Asifyon tidak lagi melayani wilayah lokal saja, namun telah memperluas ekspansinya ke seluruh Indonesia.

Belajar dari ketekunan Asifyon dimana pemilik bisnis juga bisa mendaftarkan diri di Prakerja untuk menambah skill dan melihat peluang usaha lainnya.

Semoga menginspirasi.

Maria Tanjung
Maria Tanjung Jika ingin bekerja sama di blog ini, Anda dapat menghubungi saya di titikterang751@gmail.com Terima kasih

Posting Komentar untuk "Testimoni Prakerja, Mendapat Pekerjaan Setelah Upgrade Skill"